Artikel

DAFTAR 10 DESA TERBAIK DI INDONESIA, BAGAIMANA DENGAN DESAKU?

29 Oktober 2017 21:45:00 Administrator Berita Desa

 

Gambar 1. Tatanan sawah dengan irigasi sistem subak di Ubud, Bali. [shutterstock]

Barangka.com - Menjadi yang terbaik adalah harapan banyak orang atau daerah apalagi untuk tingkat nasional, karena hal itu merupakan pengakuan keberhasilan yang telah diraih, seperti menjadi sepuluh desa wisata terbaik di Indonesia.

Begitu pula terpilih masuk menjadi sepuluh desa wisata terbaik di Indonesia merupakan pengakuan pemerintah bahwa daerah tersebut dianggap berhasil mengembangkan dan mengelola sektor pariwisata.

Seperti diumumkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Sandjojo yang memberikan penghargaan kepada sepuluh desa yang berhasil mengelola potensi pariwisata untuk memajukan ekonomi.
 
"Penghargaan ini menunjukkan bahwa desa mampu berkembang dan berprestasi," katanya saat memberikan penghargaan tersebut dalam kegiatan Expo BUMDes 2017 di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Sepuluh desa penerima penghargaan itu terdiri dari sepuluh kategori, yaitu

1. Nagari (desa adat) Sungai Nyalo di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terpilih sebagai desa wisata terbaik untuk kategori perkembangan tercepat.

2. Desa Madobak di Kepulauan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat sebagai desa adat terbaik.

3. Desa Tamansari di Banyuwangi, Jawa Timur sebagai desa wisata terbaik kategori jejaring bisnis.

4. Desa Pujon Kidul di Malang, Jawa Timur sebagai desa wisata terbaik kategori agro.

5. Desa Seigentung, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai desa wisata terbaik kategori ilmu pengetahuan dan teknologi.

6. Desa Ubud di Gianyar, Bali sebagai desa wisata terbaik kategori budaya.

7. Desa Waturaka di Ende, Nusa Tenggara Timur sebagai desa wisata terbaik kategori alam.

8. Desa Ponggok Klaten, Jawa Tengah sebagai desa terbaik pemberdayaan masyarakat.

9. Desa Teluk Meranti Pelalawan, Riau sebagai desa wisata kategori kreatif.

10. Desa Bontagula di Bontang, Kalimantan Timur sebagai desa wisata terbaik kategori maritim.

Pemberian anugerah bagi sepuluh desa wisata terbaik dilaksanakan dalam rangka mendukung visi pemerintah untuk memajukan daerah melalui pariwisata karena sektor tersebut dinilai cepat dan mudah dikembangkan. "Melalui penghargaan desa wisata terbaik, diharapkan akan menjadi motivasi bagi desa lainnya bahwa desa mampu berprestasi sehingga pemerataan pembangunan di Indonesia dapat terwujud," ujar Eko Sandjojo.

Menurutnya pada 2017 Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia memiliki empat program prioritas untuk membangun desa yaitu pengembangan produk unggulan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), membuat embung, dan membangun sarana olahraga.

Setiap desa diminta untuk menjalankan setiap program itu melalui pemanfaatan dana desa yang tahun ini dialokasikan sebesar Rp800 juta untuk masing-masingnya.

Tren Desa Wisata saat ini menjadi tren (kecenderungan) dalam pengembangan destinasi baru di Indonesia dan banyak daerah yang melakukan hal itu terutama dalam meningkatkan perekonominan lokal. (Antara)

Bagaimana dengan desaku? dan desa-desa tetanggaku yang belum masuk dalam kualifikasi tersebut?. Setiap desa memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan desa lainnya. Keunikan ini jika dikelola dengan baik, akan berpotensi menjadi icon tersendiri bagi desa.

Sebagaimana paparan desa-desa terbaik di atas, Walaupun kategori utamanya adalah ”Pariwisata”, namun dalam pelaksanaannya setiap desa yang termasuk kategori terbaik tersebut mengembangkan setiap potensi desa yang dimiliki. Hal ini dapat menjadi dasar rujukan bagi seluruh aparat desa dan masyarakat untuk duduk bersama menggali dan mengkaji sumberdaya yang berpotensi menggerakan perekonomian dan memberdayakan masyarakat desa.

Saat ini, desa Barangka selain melaksanakan sejumlah program sarana dan prasarana fisik, juga melaksanakan program pemberdayaan masyarakat melalui wadah BUMDes yang baru di bentuk kurang lebih sebulan yang lalu. Sejumlah sektor seperti perkebunan dengan produk andalan “Jambu Mete”, sektor Perikanan budidaya melalui budidaya ikan kerapu dan jenis ikan lainnya dan budidaya rumput laut akan dikembangkan menjadi produk unggulan desa. Sektor-sektor lainnya akan terus di eksplore dan dikaji potensinya untuk pengembangan pembedayaan masyarakat sekaligus sebagai icon dan unggulan desa.   

Kita tidak perlu berkecil hati karena belum masuk dalam kategori desa terbaik. Daftar desa-desa terbaik yang telah disebutkan di atas dapat menjadi penyemangat bagi kita semua untuk terus berkarya membangun desa dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Ayo Membangun Dari Desa

Tinggalkan Pesan


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Temukan Kami Di Facebook

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Agenda

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Poros Kapontori, Kode Pos 93755, Laman: https://barangka.com
Desa Barangka
Kecamatan Kapontori
Kabupaten Buton
Kodepos 93755
Telepon +085341926998
Email

Peta Desa

Sinergi Program

Arsip Video




Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
0 Jiwa 
PEREMPUAN
0 Jiwa 

Tinggalkan Pesan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Info Media Sosial