• Jl. Poros Kapontori,
  • +085341926998
  • admin@barangka.com
INFO
  • PEMERINTAH DESA BARANGKA MENGUCAPKAN SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1441 H, MINAL AIDIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN.
  • Dalam rangka penanggulangan Covid19, Patuhi anjuran pemerintah, jaga jarak, atau DiRumahAja

BIMTEK OpenSID Bagi Perangkat Desa Barangka

20 Januari 2018 Administrator Berita Desa Dibaca 105 Kali

Barangka.com – Peningkatan kapasitas perangkat desa merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas kinerja dan layanan kepada masyarakat. Aspek ini penting untuk diselenggarakan, mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat mesti dibarengi dengan peningkatan SDM yang baik agar setiap sarana ataupun produk teknologi yang diperuntukan bagi penyelenggaraan pemerintahan desa dapat dimanfaatkan secara maksimal. Pemerintah Desa Barangka menyikapi hal ini dengan menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis sistem informasi desa yang melibatkan seluruh perangkat pemerintahan desa mulai dari Kepala Desa, Sekretaris, Bendahara, Kaur-Kaur, sampai ketua RT.

Bimbingan teknis sistem informasi desa yang dimaksudkan disini adalah berhubungan dengan penyelenggaraan administrasi desa seperti penyusunan profil desa, pembenahan database kependudukan, dan layanan surat menyurat. Aplikasi yang dimanfaatkan untuk mencover hal tersebut adalah OpenSID. Bimtek ini diselenggarakan pada hari Kamis, 4 Januari 2018 yang bertempat di Balai Pertemuan Kantor Desa Barangka, Kecamatan Kapontori Kabupaten Buton.

Acara Bimtek berlangsung lebih rileks, tanpa mengabaikan pokok dari kegiatan tersebut. Sebagaimana diungkapkan di awal bahwa bimtek ini dimaksudkan untuk peningkatan kapasitas perangkat desa dalam dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Kegiatan bimtek yang berlangsung sehari ini, banyak hal yang didiskusikan, mulai dari pengenalan awal/pengantar sistem informasi desa, pengenalan OpenSID mulai dari penginstalan, pengenalan fitur, penginputan database penduduk, sampai proses pembuatan surat-menyurat. Semua proses tersebut diikuti dengan antusias oleh perangkat desa. Walaupun prinsipnya bimtek ini yang lebih berperan adalah perangkat desa yang menangani masalah data base kependudukan ataupun layanan surat menyurat dalam hal ini oleh Kaur Pemerintahan, Namun keterlibatan perangkat lain seperti Kepala Dusun dan Ketua RT memiliki peran yang penting. Berbagai informasi seperti data kependudukan yang belum lengkap, warga yang belum terdata, warga baru dan informasi lainnya, peran mereka sangat dibutuhkan untuk mendapatkan informasi tersebut.

Harapannya Bimtek sistem informasi desa yang baru dilaksanakan di awal tahun 2018 ini dapat meningkatkan kualitas layanan publik di Desa Barangka. Ayo Ke Barangka

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar