• Jl. Poros Kapontori,
  • +085341926998
  • admin@barangka.com
INFO
  • PEMERINTAH DESA BARANGKA MENGUCAPKAN SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1441 H, MINAL AIDIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN.
  • Dalam rangka penanggulangan Covid19, Patuhi anjuran pemerintah, jaga jarak, atau DiRumahAja

Pelaksanaan Musrenbangdes Desa Barangka Tahun 2018

26 Januari 2018 Administrator Berita Desa Dibaca 101 Kali

Barangka.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) telah menjadi istilah populer dalam penyelenggara perencanaan pembangunan dan penganggaran di Daerah dan Desa, bersamaan dengan penerbitan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanan Pembangunan Nasional (SPPN), maka Musrenbang dapat menjadi ruh pembangunan karena ia merupakan pondasi awal dalam perencanaan pembangunan agar efektif dan efisien. Pelaksanaan musrenbang sekarang ini juga selaras dengan adanya pergeseran pola pembangunan yang menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan. Artinya, pemerintah tidak lagi sebagai penggerak dan pelaksana, melainkan lebih berperan sebagai fasilitator dan katalisator dari dinamika pembangunan, sehingga program-program yang dimulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, masyarakat mempunyai hak untuk terlibat dan memberikan masukan dan mengambil keputusan dalam rangka memenuhi hak-hak dasarnya, salah satunya melalui proses Musrenbang.

Terkait hal tersebut, Rabu 24 Januari 2018 Desa Barangka telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk perencanaan tahun 2019. Acara Musrenbangdes di desa Barangka dihadiri oleh Tim Kecamatan yang dipimpin langsung oleh Camat Kapontori, Bapak Jufri, S. Kom, M.Si berserta Ibu (Ketua PKK Kec. Kapontori) dan sejumlah staf kecamatan, Kepala Desa Barangka Suharman, ST beserta Perangkat, Ketua dan Anggota BPD, Perwakilan polsek Barangka Bpk Bripka Giarto, Direktur BUMDes Barangka, Para Pendamping Desa Bpk Dedi Darsin dan Bpk Nardin, Kepala Dusun, PKK, RT/RW dan Tokoh Masyarakat/Agama.

Musrembangdes kali ini intinya adalah untuk menjaring aspirasi/usulan masyarakat terkait dengan rencana pembangunan yang akan diprogram pada tahun 2019. Selain itu, musrembangdes ini juga dilakukan dalam rangka singkronisasi dengan berbagai program yang telah di rumuskan pada tahun anggaran 2018 sehingga aspirasi yang diusulkan tidak tumpang tindih atau terjadi duplikasi program yang berakibat pada duplikasi penggunaan anggaran. Dari hasil musrembang ini diperoleh 15 rumusan program yang merupakan intisari dari sekian banyak aspirasi yang berkembang dalam musrenbangdes tersebut, diantaranya yakni:

  1. Melanjutkan pengaspalan ruas jalan di Desa Barangka
  2. Pembangunan Pagar Sekolah Dasar
  3. Pembangunan Talud di Pesisir pantai
  4. Pembangunan Tanggul Penahan Longsor
  5. Pembangunan Jalan Usaha Tani
  6. Pembangunan Posyandu
  7. Pembangunan Pasar Desa
  8. Penataan Lapangan Sepakbola
  9. Bantuan Alat Tangkap Nelayan
  10. Pembuatan Sumur Gali
  11. Sejumlah program pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pelatihan.

Diharapkan dengan pelaksanaan Musrenbang Desa ini akan mendapatkan hasil pembangunan yang tepat perencanaan, tepat anggaran, tepat guna, dan tepat sasaran.

#AyokeBarangkA

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar