• Jl. Poros Kapontori,
  • +085341926998
  • admin@barangka.com
INFO
  • PEMERINTAH DESA BARANGKA MENGUCAPKAN SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1441 H, MINAL AIDIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN.
  • Dalam rangka penanggulangan Covid19, Patuhi anjuran pemerintah, jaga jarak, atau DiRumahAja

Berkebun Sistem Hidroponik di Desa Barangka Dalam Sorotan Lensa Media

30 Januari 2018 Administrator Berita Desa Dibaca 79 Kali

Barangka.com – Pengembangan tanaman holtikultura dengan sistem hidroponik di desa Barangka mulai mendapat sorotan sejumlah media baik lokal maupun nasional. Media yang meliput program unggulan BUMDes ini adalah ButonPos, KabarButon, LenteraSultra dan Salah satu stasiun televisi swasta yaitu Trans7. Berdasarkan catatan dan penelusuran barangka.com, Butonpos adalah media online lokal pertama yang meliput pengembangan hidroponik di Barangka, tepatnya dirilis 16 Januari 2018. Sedangkan Kabarbuton (media online lokal) dan LenteraSultra meliput pada hari sabtu 27 Januari 2018 dan bersamaan dengan peliputan oleh Trans7. Kabarbuton dan Lenterasultra merilisnya pada tanggal 30 Januari 2018. Sementara dari Trans7 masih menunggu konfirmasi, semoga saja peliputan yang telah dilakukan dapat dimasukan sebagai salah satu bagian dari segmen acara yang ada di program tayang Trans7.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

Hal ini tentu menarik mengingat bahwa kondisi lahan di desa Barangka yang umumnya berbatu dan kering menjadi faktor yang menyulitkan pengembangan bercocok tanam, baik tanaman pangan apalagi tanaman holtikultura. Namun demikian, berkebun dengan sistem hidroponik menjadi salah satu pilihan sekaligus solusi untuk menghilangkan sejumlah kendala di atas secara bertahap.

Berkebun dengan sistem hidroponik ini menjadi salah program desa di bawah mengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Barangka. Program ini dapat dikatakan sebagai salah satu inovasi desa yang digagas oleh kepala desa dan masyarakat. Kedepannya, program ini akan dikembangkan dalam kapasitas yang lebih besar yang diharapkan selain menjadi salah satu sumber pendapatan bagi warga juga dapat membuka lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja dari masyarakat di desa Barangka sendiri.

Harapannya, proses peliputan yang dilakukan oleh sejumlah media ini, memberikan dampak positif bagi perkembangan pembangunan di desa Barangka, Minimal Desa Barangka dapat dikenal bukan saja di regional Sulawesi tenggara tetapi bisa dikenali secara nasional atau bahkan lebih dari itu.

 

 

#AyoKeBarangka

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar