Artikel

Mete, Ada Apa Denganmu; Bagian III (Selesai)

01 April 2018 13:37:44 Administrator Berita Desa

Barangka.com - Bagian akhir dari tulisan ini adalah kita mengulas sedikit upaya-upaya yang telah dan akan dilakukan pemerintah dalam mencari solusi atas masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat Desa Barangka. Bagi yang belum baca artikel bagian pertama, bisa di akses DISINI dan atau artikel bagian kedua bisa di akses DISINI. Baiklah kita lanjut….

Kamis, 21 September 2017 yang bertepatan dengan 1 Muharram 1439H, merupakan salah satu moment penting di desa Barangka. Pada hari tersebut pemerintah desa dan Masyarakat Barangka telah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kantalea Molagina. Sebagai salah satu badan atau lembaga penting berbagai aktivitas/kegiatan ekonomi masyarakat desa.

Salah satu rancangan bidang usaha dari BUMDes ini adalah menampung dan memasarkan hasil panen jambu mete masyarakat serta turunan-turunan dari usaha tersebut. Namun seperti yang diulas banyak pada artikel sebelumnya, bahwa 3 tahun terakhir masyarakat mengalami gagal panen jambu mete sehingga rancangan program usaha di bidang ini sampai saat ini belum berjalan maksimal. Oleh karena itu Kepala desa bersama pengurus BUMDes mulai memikirkan usaha-usaha lain yang dapat dilaksanakan di luar dari program usaha penampungan dan pemasaran jambu mete masyarakat.

Saya bisa memahami bahwa dengan latar belakang pendidikan Kepala Desa yang tidak bersentuhan dengan pertanian atau ekonomi, maka belum dapat memberikan solusi penting terhadap persoalan yang dihadari oleh masyarakat. Maka salah satu upaya adalah dengan mencari kegiatan-kgiatan ekonomi alternatif yang dapat diterapkan bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat. Salah satu yang sudah mulai berjalan adalah pengembangan tanaman holtikultura dengan teknik hidroponik. Unit usaha ini mungkin secara ekonomi belum berjalan maksimal, namun unit usaha ini sudah semacam icon yang hadir di Desa Barangka dan kita berharap dapat berkembang menjadi salah satu bidang usaha andalan kedepannya. Hal penting yang mesti dilakukan pada unit usaha ini adalah manajemen maupun pemasarannya, tetapi setidaknya saat ini sudah mengambil keputusan untuk melakukan aktivitas usaha BUMDes. 

Sejumlah peluang terus dieksplor untuk mengembangkan unit usaha BUMDes, diantaranya adalah rencana usaha produksi batu merah, dan bidang peternakan khususnya peternakan ayam petelur. Khusus rencana usaha peternakan ayam petelur, unit usaha ini dipilih karena kurangnya pasokan kebutuhan telur di Kabupaten Buton dan Kota Bau-Bau, sehingga kekurangan tersebut harus didatangkan dari daerah lain di luar Sulawesi Tenggara. Dalam rangka mewujudkan program usaha tersebut, maka pada awal Maret 2018, Kepala Desa Barangka Suharman ST, Bapak Malidin (Sekdes), dan dua orang pengurus BUMDes Bapak Abd Gani dan Sdr. Adin, melakukan Studi Banding sekaligus Bimbingan Teknis (BimTek) Budidaya ayam petelur di Jogjakarta. Dan tidak tanggung-tanggung, tempat yang dipilih untuk kegiatan tersebut adalah PT Natural Nusantara (NASA) yang beralamat di Jalan Ring Road Barat No. 72, Salakan, Gamping, Sleman-Jogjakarta. PT. Natural Nusantara atau yang umum dikenal dengan NASA (macam lembaga antariksa amerika saja ya…) adalah sebuah perusahaan yang memproduksi beragam produk Agrokompleks yang meliputi pertanian, peternakan, dan perikanan.

PT NASA dipilih karena di dalam programnya menyediakan semacam pelatihan-pelatihan pada bidang-bidang yang disebutkan di atas dan didampingi/dibimbing oleh instruktur yang mempunyai kepakaran/keahlian dibidangnya. Hebatnya lagi, semua fasilitas tersebut termasuk penginapannya disediakan secara GRATIS oleh PT NASA. Ini merupakan sebuah kehormatan luar biasa yang diberikan PT NASA kepada rombongan Kepala Desa Barangka. Semoga PT NASA Jaya slalu dalam mengemban misinya membantu pemerintah mensejahterakan rakyat.   

 Kunjungan ke peternakan ayam petelurPT NASA dipilih karena di dalam programnya menyediakan semacam pelatihan-pelatihan pada bidang-bidang yang disebutkan di atas dan didampingi/dibimbing oleh instruktur yang mempunyai kepakaran/keahlian dibidangnya. Hebatnya lagi, semua fasilitas tersebut termasuk penginapannya disediakan secara GRATIS oleh PT NASA. Ini merupakan sebuah kehormatan luar biasa yang diberikan PT NASA kepada rombongan Kepala Desa Barangka. Semoga PT NASA Jaya slalu dalam mengemban misinya membantu pemerintah mensejahterakan rakyat. 

Ibarat promo di sebuah supermarket, “Beli 1 Dapat 2”, Kunjungan kepala desa Barangka dan rombongan di PT NASA yang awalnya ingin belajar dan memperoleh informasi tentang budidaya ayam petelur, justru banyak informasi dan peluang-peluang usaha yang bisa dikembangkan dikemudian hari, termasuk di dalamnya adalah membangun kerjasama antara PT NASA dan BUMDes Desa Barangka untuk pemasaran/distributor produk-produk unggulan NASA. Sejumlah produk unggulan NASA yang juga dapat menjadi kabar gembira bagi masyarakat Desa Barangka saat ini yaitu “POC NASA, HARMONIC, dan BVR”. Tiga formula ini dapat digunakan untuk meningkatkan produksi jambu mete. Kebetulan di website ini juga disertakan video penerapan ketiga formula tersebut pada tanaman jambu mete, habis baca tulisan ini di tonton e…. (dibagian bawah tulisan ini jika anda buka di Handphone/Hp?android) dan (di bagian samping kanan tulisan ini kalau buka di laptop/PC), tapi maaf e.. itu bukan di Barangka ya….karena Barangka baru mau memulai…    

Upaya yang dilakukan oleh kepala desa dan perangkatnya ini seperti sebuah ungkapan mengatakan ”Ketika muridnya siap maka gurunya datang”. Disaat beliau sedang mencari berbagai alternatif yang dapat dilakukan untuk pemberdayaan perekonomian masyarakat, justru dipertemukan dengan sebuah solusi atas masalah yang dihadapi masyarakat di Desa Barangka saat ini yaitu adanya formula yang dapat digunakan untuk meningkatkan produksi tanaman perkebunan jambu mete dari PT NASA. Informasi yang diperoleh bahwa atas kunjungan perdana di PT NASA ini, telah dilakukan perjanjian kerjasama. Terkait pengelolaan dan pembinaan terhadap masyarakat petani Jambu Mete, dengar-dengar-nya PT NASA juga siap melakukan pendampingan di desa jika diperlukan. Sekali lagi ini merupakan sebuah kehormatan besar yang diberikan oleh PT NASA kepada Pemerintah Desa, BUMDes, dan Masyarakat Desa Barangka. Semoga formula dan rencana-rencana yang didiskusi saat di PT NASA, bisa menjadi solusi atas kegalauan masyarakat yang mengalami gagal panen di 3 tahun terakhir.

Saya secara pribadi mengapresiasi langkah-langkah atau terobosan yang dilakukan oleh Kepala Desa Barangka ini dalam membangun Desa. Dan salah satu bentuk penghargaan saya atas beliau adalah tulisan yang sementara anda baca saat ini. Tidak ada tendesi pribadi atas semua apa yang saya tuangkan dalam tulisan ini, tetapi semata-mata hanya merefleksikan semangat seorang anak muda yang “mewakafkan” waktunya untuk membangun desa yang juga tanah kelahirannya. Semoga beliau dan keluarga diberikan kesehatan dan kekuatan untuk membangun desa sampai akhir masa kepemimpinannya.

Sepertinya bukan kita ngopi lagi….tapi kita istrahat mi, karena tulisannya sudah berakhir sampai disini.

Mohon maaf sebesar-besarnya jika dalam tulisan ini ada kata atau kalimat yang tidak berkenan di hati Ibu/Bpk/Sdr(i). (Kontributor La Jeni)

Wasalam

#AyoKeBarangka

Semoga Tulisan ini dapat memberikan manfaat.   

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Temukan Kami Di Facebook

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Agenda

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Poros Kapontori, Kode Pos 93755, Laman: http://barangka.com
Desa Barangka
Kecamatan Kapontori
Kabupaten Buton
Kodepos 93755
Telepon +085341926998
Email admin@barangka.com

Peta Desa

Sinergi Program

Arsip Video




Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
664 Jiwa 
PEREMPUAN
710 Jiwa 

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Info Media Sosial