Selamat Datang dan Salam Hangat Dari Kami Atas Kunjungan Anda Di Website Resmi Desa Barangka >>>> .:. Ayo Ke Barangka .:. <<<<

 

Mendes Eko Dorong Desa Miliki Produk Unggulan

Administrator 23 April 2018 09:21:00 Berita Nasional

Barangka.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo meninjau lokasi pembangunan proyek yang dilakukan secara padat karya di Desa Bilalang, Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Ada tiga proyek padat karya yang menggunakan anggaran dana desa Rp 831 juta. Yakni jalan paving block sepanjang 527 meter, saluran ait atau drainase sepanjang 265 meter dan gorong-gorong. Dalam proyek itu, masyarakat yang bekerja mendapat upah sebesar Rp. 100 ribu.

"Saya liat proses pembangunannya dengan padat karya tunai sudah berjalan dengan baik. Apalagi, kaum perempuan juga turut membantu dalam pengerjaannya. Ini sangat bagus sekali," kata Mendes Eko Putro Sandjojo dalam keterangannya, Jakarta, Minggu (15/4/2018).

Menteri Eko menyampaikan bahwa mulai 2018, semua proyek pembangunan yang anggarannya berasal dari dana desa wajib digunakan secara padat karya tunai dengan bayaran harian atau mingguan

"Pengerjaannya tidak boleh dilakukan dengan menggunakan kontraktor. Kalau menggunakan kontraktor akan berurusan dengan penengak hukumm," tegasnya.

Lebih lanjut, Mendes Eko menuturkan dari peninjauan ke sejumlah desa di kota kotamobagu telah terlihat pembangunan infrastrukturnya. Karena itu, ia minta agar penggunaan dana desa dapat digunakan untuk pemberdayaan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) juga mendorong setiap desa atau kawasan mempunyai satu produk unggulan sehingga bisa dikembangkan bersama oleh lintas sektor.

"Kita mendorong, apa yang dinamakan produk unggulan kawasan perdesaan (prokades) sehingga bisa dikeroyok bersama kementerian lain dan dicarikan mitra dari swasta," katanya

Ia mencontohkan kerja sama antara Kabupaten Tulang Bawang, PT Central Pertiwi Bhakti (CPB) dan Bank BTPN untuk merevitalisasi tambak udang di Desa Bratasena Adiwarna, Kecamatan Dente Teladas, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung.

Setelah program itu, ada 13 ribu petambak udang yang kembali membudidayakan udang dengan keuntungan Rp 4 juta lebih per bulan.

Sumber

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Temukan Kami Di Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur Pemerintahan Kaur Umum Staf Keuangan Kaur Pembangunan Kepala Dusun Utara Jaya Kepala Dusun Kamelanta Kepala Dusun Dati Ketua RT 01 Ketua RT 03 Ketua RT 05 Ketua RT 06 Ketua RT 07 Ketua RT 09

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Arsip Video




Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Media Sosial

FacebookYouTube