• Jl. Poros Kapontori,
  • +085341926998
  • admin@barangka.com
INFO
  • PEMERINTAH DESA BARANGKA MENGUCAPKAN SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1441 H, MINAL AIDIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN.
  • Dalam rangka penanggulangan Covid19, Patuhi anjuran pemerintah, jaga jarak, atau DiRumahAja

Inilah 5 Prioritas Penggunaan Dana Desa di Permen Desa, PDT dan Transmigrasi Nomor 19 Tahun 2017

05 Juni 2018 Administrator Berita Nasional Dibaca 110 Kali

Barangka.com -  Sejak digulirkan program Dana Desa yang bersumber dari APBN untuk dikelola langsung oleh pemerintah desa, geliat pelaksanaan pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan desa, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di desa semakin terasa. Berbagai capaian baik sarana maupun prasarana yang menjadi kebutuhan layanan dasar masyarakat juga semakin tersedia, tidak terkecuali di desa Barangka.

Berbagai capaian pembangunan desa-desa yang ada di Indonesia ini, maka Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Terpencil, dan Transmigrasi terus melakukan evaluasi, pembenahan, penataan program, serta inovasi agar penyaluran dana desa di tahap-tahap berikutnya semakin terarah sesuai dengan program prioritas yang dicanangkan oleh kementerian. Untuk merealisasikan hal tersebut maka Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Terpencil, dan Transmigrasi telah menerbitkan Permen Nomor 19  Tahun 2017 tentang penetapan prioritas penggunaan dana desa tahun 2018. Hal ini juga sebagai perwujudan dari amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014, dan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa Yang Bersumber Dari APBN.

Berikut 5 prioritas penggunaan dana desa untuk tahun 2018 berdasarkan Permen Nomor 19 Tahun 2017:

  1. Prioritas Penggunaan Dana Desa untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa.
  2. Prioritas penggunaan Dana Desa diutamakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan yang bersifat lintas bidang.
  3. Program dan kegiatan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) antara lain bidang kegiatan produk unggulan Desa atau kawasan perdesaan, BUM Desa atau BUM Desa Bersama, embung, dan sarana olahraga Desa sesuai dengan kewenangan Desa.
  4. Pembangunan sarana olah raga Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (3) merupakan unit usaha yang dikelola oleh BUMDesa atau BUMDesa Bersama.
  5. Prioritas penggunaaan Dana Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib dipublikasikan oleh Pemerintah Desa kepada masyarakat Desa di ruang publik yang dapat diakses masyarakat Desa

 

Penjelasan lengkapnya dapat dilihat pada Permen Nomor 19 Tahun 2017 tersebut, yang dapat di UNDUH DISINI

 

#AyoKeBarangka

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar