Artikel

Inilah Kutamaan Lailatul Qodr Yang Jarang Di Ketahui

05 Juni 2018 08:41:01 Administrator Teras Ramadhan

Barangka.com – Sebuah keuntungan luar biasa bagi kita umat akhir zaman, umat nabi Muhammad SAW. Mengapa demikian?, karena umat ini begitu banyak diberikan keistimewaan-keistimewaan yang tidak diperoleh umat-umat terdahulu.) Apa sajakah keistimewaan-keistimewaan tersebut? Oh…sangat banyak sekali, bisa di googling di internet. Informasinya tersedia dengan mudah. Namun agar tidak keluar dari topik, maka kita sempitkan keistimewaan tersebut yang terdapat pada bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan sungguh menjadi berkah bagi umat ini khususnya kaum muslimin. Keistimewaan-keistimewaan yang terdapat di bulan Ramadhan ini sangat banyak dan tidak terdapat di bulan-bulan lainnya. Salah satunya adalah malam qadar (Lailatul Qadr). Dalam Al-Quran (Q.S. Al Qadr 1-5) disebutkan “

بِّسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ 
إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ ﴿١﴾ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ ﴿٢﴾ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ ﴿٣﴾ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ ﴿٤﴾ سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Dengan Menyebut nama ALLAH yang maha pengasih lagi maha penyayang.

1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) di malam kemuliaan .

2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

4. di malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

5. Sejahteralah (malam itu) hingga terbit fajar.

 Mari kita simak sejumlah keistimewaan yang ada di dalam malam Al Qodr.

A. Lailatul qadar adalah malam dimana Allah SWT menurunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia. Jadi sebuah keberuntungan besar dalam mengarungi hidup ini, karena telah di bekali dengan petunjuk yang lengkap dan benar/lurus, sehingga tidak tersesat. Praktisnya "tidak usah banyak debat, ikuti saja apa yang terkandung di dalamnya dan engkau selamat". 

B. Lailaitul Qadar adalah suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Nah ini yang sering keliru dalam pemahaman kita. Yang berkembang di masyarakat adalah barang siapa yang sholat atau baca Al-Quran atau dzikir, dan atau amalan lainnya di malam Qodar maka nilai sholat atau baca Al-Quran atau dzikirnya sama dengan sholat atau baca Al-Quran atau dzikir 1000 bulan atau 83 tahun lebih sedikit. Yang perlu digaris bawahi dari ayat ke tiga Surat al qadr adalah “Lebih baik dari 1000 bulan”. Kaidah fiqh-nya adalah jika sesuatu bersifat umum, maka jangan dikhususkan atau sebaliknya. Jika si A lebih baik dari si B, itu artinya antara si A dan si B tidak bisa disamakan. Disini tentu kita bisa paham. Oleh karena itu, yang beribadah (sholat atau baca Al-Quran atau dzikir) pada malam qadar, nilai ibadahnya lebih baik dari 1000 bulan atau 83 tahun lebih sedikit tersebut. Bisa 1000 bulan + 1, 1000 + 2, kelipatan dari 1000 bulan, atau bahkan tak terhingga. Rahmat Allah tidak bertepi bagi hambanya, Wallahu a’lam.

C. Pada malam Qodr/malam kemuliaan ini, turun malaikat-malaikat. Ingat bahwa disini disebutkan para malaikat berarti baaanyak malaikat. Saking banyaknya dan berlomba-lomba turun ke bumi sehingga bumi tertutupi oleh para malaikat dan menghambat pergerakan lainnya. Bumi seakan dalam keadaan hening, tenang, angin berhembus sepoi-sepoi, tidak panas dan juga tidak dingin. Bahkan ada sebuah fakta yang disembunyikan Badan antariksa AS (NASA) yang saat ini beredar di dunia maya (perlu dicek kebenarannya) bahwa pada malam Qadr ruang angkasa begitu cerah dan hening sampai teleskop tidak merekam satupun meteor atau bintang berekor jatuh ke bumi. Padahal setiap malam, ribuan metor (seperti yang sering kita lihat kalau malam hari) yang jatuh ke bumi. Satu hal lagi pada point ini adalah turunnya Ruh (malaikat Jibril). Kita tahu bersama bahwa tugas Malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu kepada para Nabi/Rasul, dan itu berakhir setelah Rasulullah Muhammad SAW wafat. Tetapi begitu pentingnya malam kemuliaan ini, Malaikat Jibril pun ikut turun ke bumi dengan izin Tuhannya, berdoa bagi orang-orang yang berdoa, berdzikir bersama orang-orang yang zikir, memohonkan ampunan bagi orang yang bertaubat dan hal-hal lainnya, bagi yang menghidupkan malam-malamnya dengan beribadah kepada Allah SWT. Jadi sebuah kerugian besar bagi kita jika kita melewatkan malam kemuliaan tersebut. Mengapa di katakan rugi? Karena moment tersebut special dimana ketika kita berdoa di aminkan para malaikat termasuk “Ruh” (Jibril), berzikir di ikuti, bermohon diampunkan dan ini hanya sekali dalam setahun dan belum tentu kita menemukan malam tersebut di tahun berikutnya.

D. Selain yang di sampaikan pada point C, akhir dari ayat 4 surat al-Qadr yaitu para malaikat dan Ruh “Jibril” turun ke bumi dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan/persoalan. Sejumlah mubaliq menjelaskan bahwa pada malam kemuliaan ini bagi yang punya urusan, persoalan atau kebutuhan apa saja; masalah keluarga, persoalan masyarakat bagi para pemimpin dll, dengan izin Allah dapat diselesaikan pada malam tersebut.

E. Akhir surat Al-Qadr disebutkan “سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ” yang artinya Sejahterahlah (Malam itu) sampai terbit fajar. Malam kemuliaan melahirkan kedamaian, ketentraman dan kebahagiaan. Di dalam Al-Quran apabila ada kalimat “salaam” itu artinya jaminan keselamatan, ketentraman dan kebahagian di tiga alam, yaitu alam dunia, alam kubur dan alam akhirat. Jadi jika seseorang berhasil mendapatkan malam kemuliaan (al Qodr) kemudian terjadi perubahan pada hidupnya yang ditunjukkan semakin taat dan dekat dengan Rabbnya, maka dijamin tentram hidupnya di dunia, selamat di alam kubur dan bahagia akheratnya.

Demikian sejumlah keistimewaan lailatul Qodr. Mari kita hidupkan malam-malam di bulan Ramadhan ini dengan ibadah kepada Allah khususnya di 10 malam terakhir Ramadhan.  Jangan sampai kita lengah dengan berbagai urusan yang dapat mengurangi kualitas ibadah dan menjadi sebab kita melewat malam Al-Qodr.  Semoga kita dipertemukan dengan malam Al Qodr. Aaamin Yaa Rabal 'alamin.

 

Dikompilasi dari berbagai sumber

#Marikitaperbaikidiri

Tinggalkan Pesan


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Temukan Kami Di Facebook

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Agenda

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Poros Kapontori, Kode Pos 93755, Laman: https://barangka.com
Desa Barangka
Kecamatan Kapontori
Kabupaten Buton
Kodepos 93755
Telepon +085341926998
Email

Peta Desa

Sinergi Program

Arsip Video




Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
0 Jiwa 
PEREMPUAN
0 Jiwa 

Tinggalkan Pesan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Info Media Sosial