• Jl. Poros Kapontori,
  • +085341926998
  • admin@barangka.com
INFO
  • PEMERINTAH DESA BARANGKA MENGUCAPKAN SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1441 H, MINAL AIDIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN.
  • Dalam rangka penanggulangan Covid19, Patuhi anjuran pemerintah, jaga jarak, atau DiRumahAja

Minim Dukungan Pemda Kab. Buton, Barangka Tetap Optimis Hasil Terbaik pada Lomba Desa Tk. Provinsi

01 Juli 2018 Administrator Berita Desa Dibaca 210 Kali

Barangka.com - Suasana berbeda mungkin akan dirasakan oleh tim penilai lomba desa tingkat provinsi Sulawesi Tenggara  ketika berkunjung di Desa Barangka pada Kamis, 28 Juni 2018. Penyambutan dengan nuansa sederhana, tanpa seremonial  yang “wah”, tidak adanya SKPD tingkat Kabupaten yang ikut serta, mewarnai acara penyambutan tim penilai lomba desa tingkat provinsi Sulawesi Tenggara. Semoga nuansa tersebut tidak mengurangi makna/nilai dari sebuah prosesi penyambutan tamu.

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya bahwa Desa Barangka dalam mengikuti lomba desa tingkat provinsi Sulawesi Tenggara ini setelah sebelumnya telah melewati seleksi di tingkat Kabupaten Buton. Rentang waktu sampai menjelang proses penilaian oleh tim penilai dari provinsi, persiapan yang dilakukan oleh Desa Barangka praktis dilakukan mandiri dan minim dukungan dari pemerintah daerah Kab. Buton. Segala sumberdaya yang ada di desa dioptimalkan, mulai dari perangkat desa untuk membenahi administrasi (tertib administrasi dan layanan masyarakat), penataan lingkungan melibatkan kerjasama (gotong-royong) dengan masyarakat maupun aspek-aspek lainnya yang menjadi bagian/instrument penilaian lomba. Tentu saja ini sebuah ironi, mengingat keikutsertaan Desa Barangka pada ajang lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara ini adalah mewakili Kabupaten Buton.

Berkaca pada desa lainnya yang menjadi peserta lomba, totalitas dukungan pemerintah kabupaten, SKPD-SKPD terkait sampai struktur di bawahnya terlihat nyata dalam mempersiapkan segala sesuatu terhadap desa yang mengikuti lomba tersebut. Bahkan lanjutan dukungan tersebut terlihat pada saat persiapan, proses penyambutan, sampai tim penilai selesai melaksanakan tugasnya di desa tersebut. Kondisi ideal tersebut semestinya juga menjadi dambaan dan terjadi di Desa Barangka. Namun demikian dukungan pemerintah daerah masih sangat minim. Intinya, upaya maksimal dari pemerintah Desa dan seluruh warga Desa Barangka untuk mempersiapkan aspek-aspek yang menjadi obyek penilaian telah ditunaikan pada lomba desa tingkat provinsi kali ini. Walaupun minim dukungan dari pemda setempat, Desa Barangka tetap berharap dan optimis, semoga aspek-aspek yang telah dipersiapkan dapat memenuhi kriteria penilaian dan masuk menjadi salah satu kandidat desa terbaik pada lomba desa tingkat provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2018 ini.

 

#AyoKeBarangka

#BarangkaKolega

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar