• Jl. Poros Kapontori, Kode Pos 93755, Laman: https://barangka.com
  • +085341926998

Barangka Berpartisipasi Dalam Ajang Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna ke XX di Bali

21 Oktober 2018 Administrator Berita Desa

Barangka.com - Desa Barangka menjadi salah satu desa yang ikut dalam ajang Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna XX dan Pekan Inovasi dan pengembangan Desa/kelurahan Tahun 2018 yang diselenggarakan di Bali yang dipusatkan di salah satu landmark destinasi wisata  "Garuda Wisnu Kencana" (GWK) yang berlangsung dari tanggal  19 sd 21 Oktober 2018. Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna merupakan agenda tahunan Kementerian Desa dan Transmigrasi yang menampilkan inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang dihasilkan oleh desa-desa yang ada di seluruh Indonesia. TTG sendiri merupakan salah satu program unggulan Kemendes untuk merintis dan membentuk kemandirian desa di Indonesia. Kegiatan Inovasi Desa dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo. Selain Presiden beserta Ibu Negara, juga hadir sejumlah Menteri Kabinet Kerja serta pejabat daerah pemda Bali baik Gubernur, Kapolda, maupun Bupati.

Untuk diketahui, acara Gelar TTG ini sudah dilakukan sejak tahun 1999. Untuk tahun ini (2018), tema yang diangkat adalah "Melalui Inovasi dan Teknologi Tepat Guna, Kita Wujudkan Desa yang Maju, Mandiri, dan Sejahtera Sesuai Kearifan Lokal". Kegiatan Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna tersebut, Desa Barangka mewakili Kab. Buton yang menampilkan miniatur instalasi/gully hidroponik. Alhamdulillah, sejak pekan inovasi desa berlangsung, banyak pengunjung yang antusias dengan hidroponik baik sekadar melihat-lihat, maupun bertanya dan ingin belajar tentang teknik budidaya sayuran dengan sistem hidroponik. Di stand Sulawesi Tenggara (Sultra), terdapat 8 TTG yang ditampilkan yang mewakili kabupaten masing-masing. kedelapan TTG tersebut diantaranya mesin penggiling, mesin perontok jagung, dan sistem hidroponik.

Kegiatan kali ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi. Hal-hal teknis seperti kesiapan alat, brosur petunjuk dan hal-hal lain, menjadi perhatian untuk kegiatan-kegiatan yang sama di tahun-tahun yang akan datang. sekedar informasi bahwa dari 34 propinsi yang ikut ambil bagian pada Pekan Inovsi Desa ini, berdasarkan hasil penilaian dewan Juri, Teknologi Tepat Guna (TTG) dari Sulawesi Tenggara masuk dalam urutan 10 besar. Desa Barangka sebagai bagian dari kegiatan ini mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Buton khususnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang telah menfasilitasi team untuk ikut serta dalam kegiatan Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna XX dan Pekan Inovasi Desa/Kelurahan, serta seluruh masyarakat Desa Barangka atas segala doa dan dukungannya.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar