Artikel

Membatin di Penghujung Tahun; Refleksi Amanah Masyarakat Barangka

31 Desember 2018 21:13:43 Administrator Berita Desa

Barangka.com – Moment akhir tahun menjadi satu hal yang banyak ditunggu-tunggu oleh setiap orang di seantero dunia. Sadar atau tidak, ada dua hal yang selalu hadir di setiap pikiran insan yang merayakan pergantian tahun. Pertama adalah mengevaluasi diri atas tahun yang sebentar lagi berlalu dan membuat perencanaan diri untuk tahun yang akan datang. Evaluasi berhubungan dengan “melihat kembali” atas berbagai aktivitas yang telah dilakukan dan perencanaan berkaitan dengan perbaikan terhadap hal yang telah dilakukan serta menetapkan target-target terukur. Di tingkat personal, jangan kita berfikiran dua hal di atas semacam sebuah dokumen. Orang bergumam ditengah euphoria pergantian tahun “hmm…saya harus dapat pekerjaan yang bagus di tahun 2019 ini”  atau “saya tidak boleh ulang kesalahan yang sama seperti kemarin” sudah masuk pada dua kategori di atas.

Penghujung tahun 2018 ini, kurang lebih 3 tahun sudah amanah ini dilaksanakan. Amanah mengabdi untuk masyarakat sebagai Kepala Desa di Barangka. Tahun 2018 ini sudah selayaknya saya sejenak untuk “membatin” atas apa yang saya dan aparat pemerintah desa Barangka lakukan atas amanah ini. Sejak awal amanah ini diberikan saya dan aparat pemerintah desa telah menetapkan visi dan misi selama periode kepemimpinan ini sampai dengan selesai.

Ketika awal amanah ini di jalankan, kami melihat bahwa layanan dasar masyarakat berupa sarana dan prasarana fisik seperti jalan tani, peningkatan kualitas jalan lingkungan, saluran pembuangan air, peningkatan kualitas jaringan air bersih dan pekerjaan fisik lainnya menjadi prioritas dan digenjot di 3 tahun terakhir. Memang belum tuntas seperti harapan banyak orang, tetapi jika indikatornya didasarkan pada visi dan misi yang kami tetapkan, sebagaimana tertuang dalam RPJM Desa, maka capaian perkerjaan fisik ini telah mencapai kurang lebih 80%. 

Pelayanan masyarakat juga selalu kami upayakan perbaikan baik dalam hal kualitas, kecepatan, maupun transparansi. Layanan surat-menyurat, memfasilitasi masyarakat dalam pengurusan sertifikat tanah untuk lahan hunian maupun pertanian/perkebunan adalah beberapa layanan yang dilakukan untuk masyarakat. Namun demikian, saran dan masukan dari semua pihak sangat diperlukan untuk perbaikan layanan. Oleh karena itu, masyarakat Barangka dapat memberikan/memasukan saran kritik di kolom komentar di bagian akhir refleksi ini, Insha Allah secepatnya direspon sekaligus menjadi bahan evaluasi.

Keterbukaan informasi juga diupayakan oleh pemerintah desa misalnya pengumuman/pemberitahuan terbuka terhadap menggunaan anggaran desa melalui baliho di sejumlah lokasi strategis, mengolinekan desa (http://barangka.com), dan menyediaan jaringan internet di kantor desa (wifi). Selain untuk keterbukaan ke publik, dan kualitas layanan, juga dimaksudkan agar Desa Barangka dapat dikenal dalam jangkauan yang lebih luas secara online.  

Yang kami lihat sebagai tantangan saat ini adalah persoalan lapangan kerja masyarakat yang belum maksimal. Oleh karenanya, menyongsong tahun 2019 ini pemerintah Desa Barangka menggenjot pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat. Semua kegiatan pemberdayaan tersebut akan terkoneksi di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Barangka sebagai induk perputaran ekonomi warga.

Pemerintah Desa juga akan melakukan evaluasi berbagai program-program pemberdayaan yang pelaksanaannya belum maksimal, agar di tahun 2019 ke depan ini dapat di lakukan perbaikan dan penataan kembali, harapannya bisa memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat di masa yang akan datang. Contohnya misalnya prototype pertanian dengan sistem hidroponik, berpotensi untuk dapat dikembangkan menjadi sebuah spot wisata petik sayur bagi masyarakat Barangka maupun masyarakat di luar Desa Barangka. Selain mendapatkan sayuran sehat, edukasi khususnya pertanian hidroponik juga ada nilai rekreasinya. Memang tidak mudah, tetapi bukan tidak bisa dilakukan. Semuanya kembali pada kita semua masyarakat Barangka terutama Pengelola BUMDes agar hal ini menjadi tantang untuk terus berinovasi.  

Pemerintah Desa juga berupaya menginventarisasi berbagai sumber daya yang ada di Desa baik berupa komoditi yang tersedia melimpah di desa maupun kekayaan Desa (tanah kas desa). Semuanya berpeluang untuk di manfaatkan agar bisa memberikan nilai tambah secara ekonomi dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. Pemerintah Desa di tahun 2018 telah beberapa kali menyelenggarakan pelatihan dengan mengundang instruktur maupun praktisi yang ahli dibidangnya. Kegiatan terbaru (bulan Desember 2018) adalah pelatihan kepada masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga untuk meningkatkan nilai tambah sejumlah komoditi yang tersedia di desa yaitu pembuatan kue “kukis” berbahan dasar kelor, dodol dari buah semu jambu mete (dombolo) dan kripik pisang.

Pembukaan lapangan kerja dan pemberdayaan ekonomi masyarakat memang menjadi tantang tersendiri. Kami menyadari bahwa sektor ini mesti dilakukan secara bersama-sama dan melibatkan banyak pihak. Cukup beralasan karena persoalan ini memiliki banyak aspek yang saling mendukung satu sama lain. Antara hulu hilirnya mesti terkoneksi dengan baik. Ketika ada produk yang tersedia, mesti difikirkan teknologi pengemasan (packaging), peningkatan kualitas produk sesuai klasifikasi pasar, teknik pemasaran, pihak yang menerima (pembeli). Itu hanya sekelumit yang terbetik dalam pikiran saat ini, dan pastinya masih banyak lagi. Disinilah kami mengatakan bahwa aspek ini melibatkan banyak pihak baik intervensi pemerintah melalui dinas-dinas terkait maupun pihak swasta. Mengkoneksikan semua aspek di atas di tahun yang akan datang menjadi harapan besar kami pemerintah desa di penghujung tahun 2018 ini.

Saya, Suharman, ST (Kepala Desa Barangka) dipenghujung tahun 2018 ini ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada:

  1. Seluruh masyarakat Desa Barangka yang telah mendukung dan bekerjasama atas setiap program pembangunan yang dilaksanakan dalam kurung waktu kurang lebih 3 tahun terakhir. Terima kasih juga saya ucapkan kepada masyarakat Barangka yang ada di Perantauan, di Manokwari, Sorong, Nabire, Jayapura, Ambon, Maluku Utara, dan daerah perantauan lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, kami ingin mengatakan bahwa Bapak/Ibu/Sdr(I) adalah aset Desa Barangka. Kami mengapresiasi konstribusi Bapak/Ibu/Sdr(I) pada kami masyarakat di Desa Barangka selama ini. Semoga keselamatan, dan kemudahan rizki selalu dilimpahkan buat Bapak/Ibu/Sdr(i) di Perantauan.
  2. Pemerintah Daerah Kabupaten Buton, Pemerintah Kecamatan Kapontori atas segala bimbingan dan dan arahan terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di desa Barangka.
  3. Seluruh staf Pemerintah Desa Barangka; Sekretaris Desa (Bapak Malidin), Kaur Keuangan (Ibu Zainab, SP), Kaur Pemerintahan (Bapak La Ode Husrin, S.Pd), Kaur Pembangunan (Bapak Syahril La Ute), Kaur Umum (Ibu Minarti, SKM), yang telah melaksanakan tupoksi masing-masing dengan sangat luar biasa. Semoga kebersamaan ini akan terus berlangsung sampai seluruh amanah tertunaikan. Seluruh Kepala Dusun (Utara Jaya, Ngakniuniu, Nsili-nsili, Kamelanta, Dati dan Batubanawa) beserta seluruh Ketua RT di setiap dusun, Bapak-bapak semuanya menjadi ujung tombak yang langsung berinteraksi dengan warga. Dedikasi Bapak-Bapak sekalian menjadi spirit bersama dalam memajukan Desa Barangka.
  4. BPD, Pengurus BUMDes, Darma Wanita, Karang Taruna, LPM, Lembaga Adat, Para Imam, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan semua pihak, adalah Sumber daya manusia Desa Barangka yang selalu bersinergi dalam pelaksanaan pembangunan di Desa Barangka.
  5. Para Pendamping Desa yang luar biasa Bapak Dedy Darsin dan Bapak Nardin. Arahan Bapak berdua menentukan kualitas dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Desa Barangka.
  6. Seluruh pihak yang tidak tidak sempat kami sebutkan satu persatu yang telah berkonstribusi positif terhadap pembangunan di Desa Barangka.

 

Akhirnya.....Saya dan Keluarga beserta Seluruh Staf pemerintah Desa Barangka mengucapkan “Selamat Menyongsong Tahun Baru 2019” Semoga Tahun 2019 memberikan harapan baru bagi kita semua” Aamin ya…Robbal ‘Alamin.

#AyoKeBarangka

#BarangkaKolega  

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Temukan Kami Di Facebook

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Agenda

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Poros Kapontori, Kode Pos 93755, Laman: http://barangka.com
Desa Barangka
Kecamatan Kapontori
Kabupaten Buton
Kodepos 93755
Telepon +085341926998
Email admin@barangka.com

Peta Desa

Sinergi Program

Arsip Video




Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
664 Jiwa 
PEREMPUAN
710 Jiwa 

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Info Media Sosial