PEMERINTAH DESA BARANGKA MENGUCAPKAN SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1441 H, MINAL AIDIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. Dalam rangka penanggulangan Covid19, Patuhi anjuran pemerintah, jaga jarak, atau DiRumahAja

Artikel

Refleksi Akhir Tahun 2019, Pengembangan Ekonomi Kerakyatan menjadi Fokus Pembangunan di Barangka

30 Desember 2019 10:16:04  Administrator  269 Kali Dibaca  Berita Desa

Barangka.com - Denyut pembangunan di desa Barangka tahun 2019 ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sejak tahun 2015, di awal pemerintahan kepala desa terpilih Suharman, ST, pembangunan difokuskan pada penyediaan sarana prasarana fisik. Sebagian besar anggaran desa yang dialokasikan di desa Barangka dititik beratkan pada bidang tersebut. Selain menerjemahkan program pemerintah pusat, penyediaan sarana dan prasarana fisik seperti jalan tani telah membuka dan mengkoneksi simpul-simpul kegiatan ekonomi masyarakat di bidang pertanian dan perkebunan. Pada tahun 2019 ini fokus kegiatan pembangunan diperuntukkan bagi pengembangan ekonomi kerakyatan, Memaksimalkan BUMDes, Perawatan Aset yg belum baik, meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa setiap anggaran yg masuk ke desa harus dimanfaatkan dengan serius dan tekun serta bertanggung jawab.

Tahun 2019 ini Pemerintah desa Barangka banyak menggelontorkan bantuan pemberdayaan berupa pemberian bibit Lobster, Ikan, Ayam Kampung, semua komoditi ini kami menganggap telah menyentuh semua kelompok masyarakat, mulai dari pemuda, nelayan, petani bahkan janda-janda, dan orang tua yg sdh lansia. Harapan terbesarnya adalah pemanfaatan bantuan ini dengan baik agar dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Tak dapat dipungkiri bahwa salah satu tantangan kita di tahun 2019 ini adalah kemarau yang berkepanjangan, hal ini berdampak pada kurangnya debit air di sejumlah dusun, sehingga ke depannya pemerintah desa akan melakukan antisipasi menghadapi masalah tersebut dengan pembangunan Bak Penampung Air. Bak Air ini bertujuan selain dapat memudahkan pembagian jalur juga dapat memaksimalkan cadangan air pada malam hari.

Sejumlah program tahun 2019 yang akan ditindak lanjuti di tahun 2020 nanti di antaranya adalah tambahan bantuan Perumahan bagi yg belum memiliki rumah, rehab/perbaikan rumah bagi warga yang mengalami kerusakan, bantuan alat tangkap nelayan, perahu dan mesin katinting serta memaksimalkan kembali pemberian bibit.

Kami mengakui bahwa perencenaan dan pelaksanaan pembangunan tidak semudah membalikan telapak tangan, selain bergantung pada porsi anggaran yang ada, pemerintah desa mesti "pintar-pintar" menyelaraskan program-program pemerintah tingkat di atasnya, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten, Provinsi, maupun Pemerintah Pusat.

Sebagai trending topik di tahun 2019 ini adalah, bahwa Pemdes telah meletakan dasar-dasar ekonomi kerakyatan melalui pelatihan dan pemberian bibit ayam, ikan, dan lobster untuk masyarakat. Akhir tahun 2019 ini Pemerintah desa  Barangka juga telah mengundang Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tenggara untuk mengusulkan Hutan Kemasyarakatan (HKM) seluas 321 hektare. Hutan ini akan dibagikan kepada warga Barangka. Setelah pembagian lahan ini clear, maka Pemdes akan mencanangkan Penanaman komoditi Pala secara menyeluruh. Selain itu, akhir tahun ini juga, pemerintah desa telah mengusulkan proposal Budidaya Lobster Berbasis Wisata dan langsung diterima oleh pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di Jakarta.

Sebagai hadiah awal tahun baru tepatnya di Pertengahan Januari 2020 nanti, semoga Allah melancarkan segala niat dan ikhtiar ini dimana akan dilaksanakan panen perdana Budidaya Lobster jenis mutiara yang jumlahnya diperkirakan kurang lebih 1.200-an ekor dengan omset  800-an juta rupiah.

Pola perencanaan pembangunan juga kami coba berinovasi dengan melakukan penggalian gagasan pada tingkat dusun masing-masing, diharapkan masyarakat lebih terbuka menyampaikan keinginannya. Pola ini kami bangun sebagai upaya agar program-program yang diusulkan pada  musrembang tingkat di atasnya dapat melahirkan program-program yang tepat sasaran, menyentuh dan dirasakan oleh masyarakat.

Derap pembangunan yang terus digalakan oleh semua elemen masyarakat, maka sebagai wujud nyatanya tahun 2019 ini Desa Barangka ditetapkan sebagai kategori Desa Maju bersama 3 Desa lain di Kabupaten Buton, yaitu Desa Banabungi Kecamatan Pasarwajo, Desa Matanauwe Kecamatan Siontapina, dan Desa Ambuau Indah Kecamatan Lasalimu Selatan. Predikat Maju ini didasarkan pada penilaian Tenaga Ahli, Pendamping Desa, Pendamping Desa Tenaga Infrastruktur, dan Pendamping Lokal Desa berdasarkan capaian - capaian program. Predikat Desa maju ini naik setingkat dari tahun sebelumnya yaitu kategori Desa Berkembang, dimana pada tahun 2015 kita start pada posisi sebagai Desa Tertinggal. Pada akhirnya, pencapaian program Pemerintah Desa Barangka ditahun ini dengan mengukur Indeks Desa Membangun (IDM) dari Kementerian Desa. Mulai dari tahun 2016 - 2018 kita telah mencapai predikat Desa Berkembang, dan tahun ini kita naik pada predikat "MAJU".  Capaian-capaian ini tentu tidak terlepas dari peran semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses pembangunan diprogramkan oleh pemerintah desa, semoga di tahun-tahun kedepan pemerintah desa bersama masyarkat Desa Barangka, saling bahu membahu guna meraih posisi menjadi Desa Mandiri. Aamiinnn Allahuma Ammminn.

#AyoKeBarangka

#BahangkaKolega

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Temukan Kami Di Facebook

Arsip Artikel

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Poros Kapontori,
Desa : Barangka
Kecamatan : Kapontori
Kabupaten : Buton
Kodepos : 93755
Telepon : 085341926998
Email : admin@barangka.com

Peta Desa

Sinergi Program

Arsip Video




Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:58
    Kemarin:280
    Total Pengunjung:207.901
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.168.112.145
    Browser:Tidak ditemukan

Info Media Sosial